Layanan Kami

Melayani permohonan informasi iklim di pulau Bali, baik analisis maupun prakiraan yang diolah berdasarkan data pengamatan manual maupun  otomatis melalui model analisis dan prakiraan yang telah distandarkan oleb BMKG

Publikasi Kami

speaker_9788000

Prakiraan Iklim Dasarian

Prakiraan Curah Hujan 10 harian

Buletin Bulanan

Analisis Curah Hujan dan Prakiraan Curah Hujan 3 bulan ke depan

Buletin Musim

Prakiraan Awal Musim Hujan atau Awal Musim Kemarau

Buletin Tahunan

Data Iklim Tahunan

Edit Template

Film Dokumenter Perubahan Iklim menyabet Juara 2 se Provinsi Bali

Merespons laju perubahan iklim yang semakin mengkhawatirkan, Religion for Peace (RfP) Indonesia menyelenggarakan lomba film dokumenter berdurasi lima belas menit untuk peserta pelajar SMA/SMK/MTs di seluruh Bali.

“Beberapa karya sudah menunjukkan kesadaran bahwa karya film dokumenter membutuhkan argumentasi untuk mengukuhkan semua material dalam bentuk rekaman gambar maupun suara guna menghadirkan sebuah karya yang inspiratif,” ujar Tony Trimarsanto selaku Ketua Dewan Juri saat pengumuman hasil lomba, Sabtu (18/11/2023) di Kampus Unud Sudirman.

Lomba tersebut mendapat sambutan cukup hangat dari para pelajar di seluruh Bali. Tak kurang dari 25 sekolah mengirimkan karyanya untuk turut berkompetisi.

Stasiun Klimatologi Bali turut berpartisipasi sebagai pembina dan membantu dalam penulisan naskah dan cerita, berkolaborasi dengan SMA Firdaus Jembrana. Film berjudul Jangan GR.Ka ( The Story og Gas Rumah Kaca) menceritakan kisah tentang perjalanan 5 sekawan (Tsabitah, Diva, Salma, Shifa dan Amirah) untuk mencari tahu tentang perubahan iklim bagi tugas geografi mereka. Mereka pun mengunjungi kantor BMKG Stasiun Klimatologi Bali yang berkompeten dalam memberikan informasi terkait perubahan iklim.

Di temani Kak Tray, salah seorang pegawai BMKG, mereka berdiskusi  tentang penyebab perubahan iklim dan prosesnya. Dimulai dari peningkatan gas rumah kaca di atmosfer, pemanasan global dan akhirnya terjadilah perubahan iklim melalui poses yang panjang.

Mereka semakin tertarik saat Kak Tray memberikan simulasi yang cerdas tentang bagaimana gas rumah kaca bisa menyebabkan efek pemanasan global. Kak Tray juga memberikan penjelasan yang mudah tentang bagaimana kita menghadapi perubahan iklim melalui tindakan adaptasi dan mitigasi, serta perbedaan diantara keduanya. Termasuk peran agama yang diharapkan bisa menekan laju pemanasan global dan perubahan iklim.

Pemahaman terkait perubahan iklim yang mulai dirasakan di Bali, membuat 5 sekawan ini bertekad untuk menjadi agen penyelamat bumi bagi keberlangsungan bumi di masa depan.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Recent Posts

  • All Post
  • Analisis Hujan
  • Berita
  • Buletin Bulanan
  • Buletin Musim
  • Buletin Tahunan
  • SLI
  • Tak Berkategori

Layanan Kami

Melayani permohonan informasi iklim di pulau Bali, baik analisis maupun prakiraan yang diolah berdasarkan data pengamatan manual maupun  otomatis melalui model analisis dan prakiraan yang telah distandarkan oleb BMKG

Categories

Stasiun Klimatologi Kelas II Bali merupakan Unit Pelaksana Teknis BMKG yang menangani informasi iklim dan kualitas udara di Provinsi Bali.

Kantor Layanan Data dan Informasi

Jam Operasional

Copyright © 2024 Stasiun Klimatologi Bali